Pegadaian bangun hotel syariah di Pekanbaru

id bangun hotel, pegadaian, hotel pesona, kembangkan usaha, hotel

Pegadaian bangun hotel syariah di Pekanbaru

Ilustrasi (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Pembangunan hotel 'Pessona' juga dilakukan di Surabaya serta di Solo, Yogyakarta dan Makasar masing-masing sebanyak satu unit hotel...
Pekanbaru (ANTARA Sumsel) - PT. Pegadaian (Persero) akan membangun satu unit hotel syariah berbintang tiga yang diberi nama hotel Pessona, dengan ketersediaan kamar sebanyak 140 unit, untuk melakukan diversifikasi usaha diluar bisnis inti dalam memberikan tambahan  pendapatan bagi perusahaan.
         
"Pihak Kanwil II Pekanbaru, hanya sebagai fasilitator dalam menyediakan lahan sementara itu manajemen pusat yang melakukan perencanaan dan pembangunan," kata Kepala Kanwil PT. Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru, Provinsi Riau H Mulyono di Pekanbaru, Selasa.
         
Ia menyampaikan hal itu terkait hasil audiensinya  dari beberapa kali pertemuan bersama Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT dan orang nomor satu di Pekanbaru itu menyatakan tidak ada masalah terhadap pembangunan hotel baru jika seluruh persyaratan administrasi bisa dipenuhi oleh Pegadaian.
         
Dalam hal ini memang, katanya lagi, PT (Persero) Pegadaian mendapatkan tugas dari Kementrian BUMN untuk mengoptimalkan aset-aset perusahaan supaya memberikan keuntungan lebih bagi negara.
         
Menurut Mulyono, setelah dianalisa pengembangan unit usaha strategis Pegadaian yang cocok dibangun di Kota Pekanbaru adalah sebuah hotel berbintang tiga.
         
Pembangunan hotel 'Pessona' yakni kepanjangan dari Pegadaian Selalu Optimalkan Nilai-nilai Aset, juga didirikan di Surabaya satu unit, serta di Solo, Yogyakarta dan Makasar masing-masing sebanyak satu unit hotel.
         
Sesuai dengan konsep pembangunannya, katanya lagi,  hotel ini  akan dikelola secara syariah atau dengan manajemen Islami.
         
Sementara itu peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan hotel tersebut  pada lahan eks kantor Pegadaian (Persero) Kanwil II Pekanbaru di Jalan Jendral Sudirman No.455 itu direcanakan pada 29 Agustus 2013. Di hotel ini nantinya ada satu unit ruang untuk Pegadaian.
         
Sedangkan aktivitas kantor Pegadaian (persero) Kanwil II --BUMN yang bergerak dibidang jasa keuangan berbasis gadai, penyediaan kredit mikro dan bisnis emas-- itu akan dipindahkan ke Jalan Sudirman atau di depan Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru.